Analisis Lagu

Nama: Muhammad Noufal Muzakki

Kelas: R4A

NPM: 202246500015

Analisis pada lagu Wrecked- Imagine Dragon


ABSTRAK

Lagu Wrecked adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh grup musik rock Amerika yaitu Imagine Dragons, yang dirilis pada tahun 2021. Lagu ini menghadirkan lirik yang mendalam tentang kehilangan, duka, dan penyembuhan. Lirik pada lagu ini menggambarkan rasa sakit kehilangan seseorang yang dekat dan perjuangan untuk menerima kenyataan tersebut. Vokal kuat dari penyanyi utama, Dan Reynolds, dan melodi yang menghantui menciptakan suasana yang menyentuh hati dan dapat menggugah perasaan pendengar yang pernah mengalami emosi yang serupa. Secara keseluruhan, Lagu Wrecked merupakan sebuah penghormatan yang menyentuh untuk cinta dan kehilangan, menunjukkan kemampuan Imagine Dragons untuk menyampaikan emosi secara murni melalui musik mereka.


Pendahuluan

Lagu Wrecked Imagine Dragons adalah bagian dari lagu yang menggambarkan suasana yang menyentuh dan memikat pendengar sejak awal. Biasanya, pendahuluan ini menggunakan elemen musik yang tenang untuk menyiapkan pendengar secara emosional untuk pengalaman mendengarkan yang mendalam. Dan Reynolds menuliskan lagu ini buat saudara ipar perempuannya yang meninggal karena kanker. Kakak kandungnya nampak begitu terguncang mengetahui kematiannya istrinya yang mendadak, demikian juga dengan dirinya.


Alasan saya menyukai lagu ini karna lagu Wrecked menunjukkan betapa kuatnya musik dalam menyentuh aspek-aspek kehidupan kita yang paling dalam. 

Lirik lagu pada Wrecked sangat emosional dan puitis, membahas tentang rasa sakit kehilangan orang yang dicintai. Hal ini bisa resonansi dengan perasaan mendalam banyak orang yang pernah mengalami kehilangan, memungkinkan pendengar untuk merasa terhubung dengan lagu tersebut pada tingkat yang lebih personal.

Komposisi Musik pada Imagine Dragons dikenal dengan kemampuan mereka menggabungkan elemen rock dengan elektronik dan pop untuk menciptakan suara yang unik dan menarik. "Wrecked" memiliki komposisi yang kuat dengan melodi yang menarik dan dinamika suara yang membangun emosi sepanjang lagu.


Semiotika

ini berasal dari Bahasa Yunani, yakni  simeon yang berarti tanda. Sementara itu, kata semiotika juga dapat merupakan penurunan kata Bahasa Inggris, yakni semiotics. Nama lain dari semiotika adalah semiology. Kemudian, apabila dikaji secara terminologis, semiotika dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tanda. Tanda itu sendiri dianggap sebagai suatu dasar konvensi sosial dan memiliki sesuatu (makna) tertentu.

Menurut Tinarbuko (2008), semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda supaya dapat mengetahui bagaimana tanda tersebut berfungsi dan menghasilkan suatu makna. Sementara itu, menurut Christomy dan Yuwono (2004), berpendapat bahwa semiotika adalah studi tentang tanda-tanda (sign), fungsi tanda, dan produksi tanda.


Analisis Semiotika

Analisis pada lagu Wrecked oleh Imagine Dragons adalah sebuah karya yang kaya dengan simbol, ikon, dan indeks yang saling terkait untuk membentuk narasi yang kuat tentang kehilangan dan duka. Analisis semiotika memungkinkan kita untuk melihat bagaimana setiap elemen lagu berkontribusi terhadap pemahaman dan pengalaman emosional keseluruhan.


Makna dan lirik lagu Wrecked Imagine Dragon

Days pass by and my eyes stay dry, and I think that I'm okay(Hari-hari berlalu dan mataku tetap kering, dan kupikir aku baik-baik saja)
'Til I find myself in conversation fading away(Sampai aku menemukan diriku dalam percakapan yang memudar)
The way you smile, the way you walk(Caramu tersenyum, caramu berjalan)
The time you took to teach me all that you had taught(Waktu yang kau luangkan untuk mengajariku semua yang telah kau ajarkan)
Tell me, how am I supposed to move on?(Katakan padaku, bagaimana aku harus move on?)


These days I'm becoming everything that I hate(Hari hari ini aku menjadi semua yang aku benci)
Wishing you were around but now it's too late(Berharap kau di sini tapi sekarang itu sudah terlambat)
My mind is a place that I can't escape your ghost(Pikiranku adalah tempat di mana aku tak bisa melarikan diri dari hantumu)


Sometimes I wish that I could wish it all away(Terkadang aku berharap aku bisa berharap itu semua pergi)
One more rainy day without you(Satu hari hujan lagi tanpamu)
Sometimes I wish that I could see you one more day(Terkadang aku berharap aku bisa melihatmu satu hari lagi)
One more rainy day(Satu hari hujan lagi)


Oh, I'm a wreck without you here(Oh, aku hancur tanpamu di sini)
Yeah, I'm a wreck since you've been gone(Ya, aku hancur sejak kau pergi)
I've tried to put this all behind me(Aku telah berusaha meletakkan ini semua di belakangku)
I think I was wrecked all along(Aku rasa aku telah hancur selama ini)
Yeah, I'm a wreck(Ya, aku hancur)


They say that the time will heal it, the pain will go away(Mereka berkata bahwa waktu akan menyembuhkan, rasa sakit akan hilang)
But everything, it reminds me of you and it comes in waves(Namun semua, mengingatkanku padamu dan itu datang dalam gelombang)
Way you laugh when your shoulders shook(Caramu tertawa saat bahumu bergetar)
The time you took to teach me all that you had taught(Waktumu yang kau luangkan untuk mengajariku apa yang telah kau ajarkan)
Tell me, how am I supposed to move on?(Katakan padaku, bagaimana aku harus move on?)


These days I'm becoming everything that I hate(Hari hari ini aku menjadi semua yang aku benci)
Wishing you were around but now it's too late(Berharap kau di sini tapi sekarang itu sudah terlambat)
My mind is a place that I can't escape your ghost(Pikiranku adalah tempat di mana aku tak bisa melarikan diri dari hantumu)


Sometimes I wish that I could wish it all away(Terkadang aku berharap aku bisa berharap itu semua pergi)
One more rainy day without you(Satu hari hujan lagi denganmu)
Sometimes I wish that I could see you one more day(Terkadang aku berharap aku bisa melihatmu satu hari lagi)
One more rainy day(Satu hari hujan lagi)


Oh, I'm a wreck without you here(Oh, aku hancur tanpamu di sini)
Yeah, I'm a wreck since you've been gone(Ya, aku hancur sejak kau pergi)
I've tried to put this all behind me(Aku telah berusaha meletakan semua ini di belakangku)
I think I was wrecked all along(Aku pikir aku telah hancur selama ini)


These days when I'm on the brink of the edge(Hari-hari ketika aku berada di ambang batas)
Remember the words that you said(Mengingat kata-kata yang kau ucapkan)
Remember the life you led(Mengingat hidup yang kau tuntun)
You'd say, "Oh, suck it all up, don't get stuck in the mud(Kau akan mengatakan “Oh, hisap semuanya, jangan terjebak dalam lumpur)
Thinkin' of things that you should have done(Pikirkan hal-hal yang seharusnya sudah kau lakukan)
I'll see you again, my loved one(Aku akan berjumpa denganmu lagi, kekasihku)

I'll see you again, my loved one(Aku akan berjumpa denganmu lagi, kekasihku)


Yeah, I'm a wreck(Ya, aku hancur)
I'll see you again, my loved one(Aku akan berjumpa denganmu lagi, kekasihku)
Yeah, I'm a wreck without you here (loved one)(Ya, aku hancur tanpamu di sini)
Yeah, I'm a wreck since you've been gone (I'm a wreck since you've been gone)(Ya, aku hancur sejak kau pergi) (aku hancur sejak kau pergi)
I've tried to put this all behind me(Aku berusaha meletakkan ini semua di belakangku)
I think I was wrecked all along (I'm a wreck)(Aku rasa aku telah hancur selama ini) (aku hancur)
Yeah, I'm a wreck(Ya, aku hancur)
Sometimes I wish that I could wish it all away but I can't(Terkadang aku berharap aku bisa berharap itu semua pergi tapi aku tak bisa)
One more rainy day without you (one more rainy day)(Satu hari hujan lagi tanpamu) (satu hari hujan lagi)
Sometimes I wish that I could see you one more day but I can't(Terkadang aku berharap aku bisa melihatmu satu hari lagi tapi aku tak bisa)
One more rainy day(Satu hari hujan)

Evaluasi

Lagu Wrecked mengapa mengandung nilai indah dan suram karna lagu ini menceritakan tentang  kehilangan orang yang kita cintai. Terkadang kita tidak sadar betapa besar peran dan arti seseorang dalam hidup kita hingga kita kemudian kehilangan sosoknya. Dalam lagu ini tergambarkan bagaimana reaksi terhadap kematian orang yang kita sayangi.

Kesimpulan

Lagu Wrecked adalah lagu yang menyentuh hati yang mengeksplorasi tema kehilangan dan duka dengan cara yang mentah dan jujur, Lagu ini berfokus pada rasa sakit dan kekosongan yang dihasilkan dari kehilangan seseorang yang sangat dicintai. Dimana kita harus merelakannya dan move on.





Comments

Popular posts from this blog

Analisis Semiotika Pada Film Anime Tenki No Ko (Weathering With You)

ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA VIDEO CLIP WRECKED- IMAGINE DRAGONS